Kerjasama dan Kekuatan Team Work
Pengertian Kerja Sama
Kerja sama adalah sebuah sistem
pekerjaan yang kerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang
direncanakan bersama. Kerja sama dalam tim kerja menjadi sebuah kebutuhan dalam
mewujudkan keberhasilan kinerja dan prestasi kerja. Kerja sama dalam tim kerja
akan menjadi suatu daya dorong yang memiliki energi dan sinergisitas bagi
individu-individu yang tergabung dalam kerja tim. Komunikasi akan berjalan baik
dengan dilandasi kesadaran tanggung jawab tiap anggota.
Kerja sama dilakukan oleh sebuah
tim lebih efektif daripada kerja secara individual. Menurut West (2002), Telah
banyak riset membuktikan bahwa kerja sama secara berkelompok mengarah pada
efisiensi dan efektivitas yang lebih baik. Hal ini sangat berbeda dengan kerja
yang dilaksanakan oleh perorangan.
Setiap tim maupun individu sangat
berhubungan erat dengan kerja sama yang dibangun dengan kesadaran pencapaian
prestasi dan kinerja. Dalam kerja sama akan muncul berbagai penyelesaian yang
secara individu tidak terselesaikan. Keunggulan yang dapat diandalkan dalam
kerja sama pada kerja tim adalah munculnya berbagai penyelesaian secara sinergi
dari berbagai individu yang tergabung dalam kerja tim.
Kontribusi tiap-tiap individu
dapat menjadi sebuah kekuatan yang terintegrasi. Individu dikatakan bekerja
sama jika upaya-upaya dari setiap individu tersebut secara sistematis
terintegrasi untuk mencapai tujuan bersama. Dalam mencapai tujuan bersama,
kerja sama memberikan manfaat yang besar bagi kerja tim. Biasanya organisasi
berbasis kerja tim memiliki struktur yang ramping. Oleh sebab itu, organisasi
akan bisa merespons dengan cepat dan efektif lingkungan yang cepat berubah
(West, 2002).
Berikut poin-poin teamwork yang
baik:
1. Teamwork adalah kerjasama dlm tim yang biasanya dibentuk dari beragam divisi
dan kepentingan.
2. Sama-sama bekerja bukanlah teamwork, itu adalah kerja individual.
3. Filosofi teamwork: ‘saya mengerjakan apa yang Anda tidak bisa dan Anda
mengerjakan apa yang saya tidak bisa.
4. Ketika berada dalam teamwork, segala ego pribadi, sektoral, deparmen harus
disingkirkan.
5. Dalam teamwork yang dikejar untuk dicapai adalah target bersama, bukan
individual.
6. Keragaman individu dalam teamwork memang sebuah nilai plus namun bisa menjadi
minus jika tidak ada saling pengertian.
7. Saling pengertian terhadap karakter masing-masing anggota team akan menjadi
modal sukses bersama.
8. Jika
setiap orang bekerjasama via bidang masing-masing, target korporasi pasti akan
segera terealisasi.
9. Individu yang egois mengejar target pribadi akan menghambat keberhasilan team.
Bayangkan jika si A mengejar target A & si B mengejar target B, lalu target
bersama bermuara kemana?
10. Keahlian masing-masing
sungguh menjadi anugerah dalam teamwork yang akan mempercepat proses pencapaian
target.
11. Kendalikan ego dan emosi saat bersama agar pergesekan
tidak berujung pada pemboikotan kerjasama.
12. Dengan pemahaman yang tinggi soal karakter
individu dalam team, realisasi target tidak perlu waktu yang lama.
13.
Ingatlah selalu bahwa: ‘teamwork makes the dream work’.
Sumber :
http://www.psychologymania.com/2013/02/pengertian-kerja-sama.html
http://candra-zulisman.blogspot.com/2013/04/pengertian-dan-karakteristik-kelompok.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar